Program Studi D-IV Kebidanan Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surakarta

Beranda » Pengajaran » Panduan Praktek Kependidikan (2013)

Panduan Praktek Kependidikan (2013)

Arsip

Mahasiswa Program Studi Diploma IV Kebidanan (peminatan Bidan Pendidik) Jurusan Kebidanan Poltekkes Surakarta merupakan calon tenaga bidan pendidik yang profesional baik di institusi pendidikan maupun di instansi pelayanan kesehatan, yang nantinya diharapkan dapat menjalankan misi atau tugas untuk mendharmabaktikan nilai, sikap dan pengetahuan serta keterampilan dalam dunia pendidikan dan pelayanan kesehatan.

Dalam upaya menyiapkan tenaga pendidik yang profesional tersebut, Program Studi Diploma IV Kebidanan (peminatan Bidan Pendidik) Jurusan Kebidanan Poltekkes Surakarta memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa tentang proses pembelajaran atau kegiatan kependidikan lainnya yang telah tersebar dalam mata kuliah. Bekal ini belum dapat dikatakan cukup tanpa adanya pengalaman nyata yang mereka tempuh. Maka, hal ini dipandang perlu untuk mengaplikasikan bekal tersebut dalam bentuk praktek kependidikan.

Praktek Kependidikan merupakan salah satu kegiatan latihan kependidikan yang bersifat intra-kurikuler yang dilaksanakan oleh mahasiswa. Praktek Kependidikan mencakup tugas-tugas kependidikan baik berupa praktek mengajar ataupun kegiatan-kegiatan kependidikan yang lain dalam rangka memenuhi persyaratan pembentukan tenaga pendidik yang profesional.

Setelah melaksanakan praktek kependidikan, mahasiswa diharapkan mendapatkan pengalaman faktual tentang pelaksanaan proses pembelajaran atau kegiatan kependidikan, administrasi, manajemen, teknologi  pendidikan  dan bimbingan konseling serta praktek mengajar.

Selama kegiatan praktek kependidikan, mahasiswa diterjunkan ke institusi-institusi pendidikan kebidanan dalam jangka waktu tertentu untuk dapat mengamati, mengenal dan mempraktekan semua kompetensi yang harus dimiliki oleh tenaga pendidik. Pelaksanaan praktek kependidikan mahasiswa Program Studi Diploma IV Kebidanan (peminatan Bidan Pendidik) Jurusan Kebidanan Poltekkes Surakarta ditempatkan di institusi pendidikan Diploma III Kebidanan yaitu: Prodi DIII Kebidanan Poltekkes Surakarta, Akbid Citra Medika Surakarta, Prodi DIII Kebidanan Poltekkes Bakti Mulia Sukoharjo, Prodi DIII Kebidanan STIKKes ‘Aisyiyah Surakarta, Prodi DIII Kebidanan STIKKes Muhammadiyah Klaten, dan Akbid Yogyakarta.

Praktek kependidikan dilaksanakan pada Semester II tahun akademik 2013-2014, dengan alokasi waktu 6 minggu dibagi menjadi 2 periode. Periode pertama dimulai tanggal 11 November s.d. 6 Desember 2013. Periode kedua dimulai tanggal 27 Januari s.d. 7 Februari 2014.

Secara garis besar, pelaksanaan praktek kependidikan digambarkan dalam bagan alur berikut ini:

Bagan Alur Praktek Kependidikan

Bagan alur tersebut di atas sekaligus menunjukkan target kompetensi yang harus dicapai mahasiswa. Presentasi dilakukan pada akhir masing-masing periode untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi oleh mahasiswa. Pada priode pertama, dilakukan presentasi oleh perwakilan mahasiswa tentang pelaksanaan praktek mengajar, pengembangan instrumen dan kegiatan bimbingan konseling. Sedangkan pada periode kedua, dilakukan presentasi kelompok untuk memaparkan hasil observasi administrasi dan manajemen pendidikan di institusi mitra, serta dilakukan presentasi hasil follow up kegiatan bimbingan dan konseling oleh perwakilan mahasiswa.

Penilaian pelaksanaan praktek kependidikan diberikan setelah mahasiswa praktikan menyelesaikan serangkaian kegiatan praktek mengajar atau praktek kependidikan. Seorang mahasiswa dinyatakan lulus dalam praktek kependidikan, apabila yang bersangkutan mencapai nilai akhir yang merupakan rata-rata dari semua komponen penilaian dengan predikat minimal cukup. Apabila ada mahasiswa yang tidak lulus dalam praktek kependidikan ini, maka diharuskan mengulang pada semester berikutnya. Penilaian diarahkan kepada ketercapaian 4 kompetensi dasar tenaga pendidik, yaitu : kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi personal, dan kompetensi sosial. Sedangkan untuk sasaran akhir penilaian adalah:

  1. Latihan praktek mengajar
  2. Ujian praktek mengajar
  3. Kepribadian mahasiswa
  4. Praktek bimbingan dan konseling
  5. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran
  6. Laporan observasi atau laporan praktek (Administrasi dan Manajemen Pendidikan)

Peserta praktek kependidikan dinyatakan lulus apabila nilai akhir praktek sekurang-kurangnya mencapai nilai >78.

Praktek kependidikan oleh mahasiswa Program Studi Diploma IV Kebidanan (peminatan Bidan Pendidik) Poltekkes Surakarta tahun 2013-2014 diharapkan dapat dilaksanakan sesuai dengan harapan kita semua. Untuk itu kami mengharap kerja sama dari berbagai pihak terkait, demi kelancaran kegiatan ini.

Lampiran instrumen penilaian: Lampiran Panduan

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

@ditya Setyawan

Think Glob@lly, @ct Glob@lly 4 t' Future

papiyonklaten

Cari Pintar WordPress.com weblog

Prodi D-III Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surakarta

Unggul, Kompetitif dan Bersaing di pasar Global dengan Unggulan Terapi Komplementer

Oshigita's Page

"My Personal WebBlog"

%d blogger menyukai ini: