Program Studi D-IV Kebidanan Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surakarta

Beranda » Pengajaran » Praktek Kerja Lapangan (PKL) D-IV Kebidanan Peminatan Bidan Komunitas

Praktek Kerja Lapangan (PKL) D-IV Kebidanan Peminatan Bidan Komunitas

Arsip

A.   PENDAHULUAN

Pengalaman belajar lapangan merupakan bagian dari belajar mengajar dimana mahasiswa diberi kesempatan untuk lebih memahami serta mampu dan terampil menggunakan ilmu yang telah dipelajari selama di kelas, sehingga diharapkan dapat dihasilkan lulusan bidan yang profesional dan dapat bekerja sesuai bidangnya di masyarakat.

Praktek ini merupakan salah satu metode pembelajaran pada situasi nyata di masyarakat dengan harapan mampu memberikan kesempatan  mahasiswa untuk bisa mencapai kompetensi yang berkaitan dengan mata kuliah Praktek Kerja Lapangan.

Pengalaman belajar lapangan merupakan bagian dari belajar mengajar dimana mahasiswa diberikan kesempatan untuk lebih memahami serta mampu dan terampil menggunakan ilmu yang dipelajari selama di kelas, sehingga diharapkan dapat dihasilkan lulusan bidan komunitas yang profesional dan dapat bekerja sesuai bidangnya. Proses pembelajaran Praktek Kerja Lapangan adalah rangkaian dari proses pembelajaran klinik dan lapangan yang harus ditempuh oleh mahasiswa Diploma-IV Kebidanan peminatan bidan komunitas Jurusan Kebidanan sebagai tindak lanjut dari proses pembelajaran di kelas dan laboratorium.

Praktek Kerja Lapangan diharapkan mampu memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk melaksanakan asuhan kebidanan komprehensif di komunitas sebagai kandidat bidan mahir yang meliputi asuhan pada wanita sepanjang daur kehidupan, neonatus, bayi dan balita, melakukan pelayanan pengobatan secara sederhana, penanganan kegawatdaruratan di komunitas dan mempraktekkan sistem informasi dan manajemen kesehatan dalam pelayanan kebidanan komunitas, serta meningkatkan peran serta masyarakat.

B.   TUJUAN PEMBELAJARAN

Tujuan Umum 

Diharapkan mahasiswa mampu melaksanakan Praktek Kerja Lapangan.

Tujuan Khusus

Diharapkan mahasiswa mampu :

  1. Melaksanakan praktek kerja lapangan di komunitas

1) Melakukan pengkajian / survei kesehatan masyarakat

Melakukan pengumpulan data masyarakat yang berhubungan dengan kesehatan bersama masyarakat dengan menggunakan format Survei Kesehatan Masyarakat (Survey Mawas Diri)

2) Menganalisa data kesehatan yang didapatkan di masyarakat
3) Merumuskan diagnosa/masalah kesehatan
4) Menyusun  perencanaan  kegiatan
5) Melakukan tindakan kesehatan/ melakukan implementasi dari perencanaan yang dibuat:

  • Menggerakkan masyarakat melakukan kegiatan yang telah direncanakan
  • Mengubah perilaku kesehatan masyarakat
  • Melakukan kegiatan Pengembangan dan Pengorganisasian Masyarakat (PPM)
  • Bersama-sama instansi terkait melakukan pembinaan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes)
  • Melakukan koordinasi/kerjasama dengan lintas program dan lintas sektoral
  • Melakukan evaluasi kegiatan

6. Mengelola asuhan kebidanan di komunitas

1)    Mengelola asuhan kebidanan pada ibu hamil normal, bermasalah dan gawat darurat secara mandiri, kolaborasi dan rujukan dengan pendekatan manajemen kebidanan di komunitas.

2)    Mengelola asuhan kebidanan pada ibu bersalin normal, bermasalah dan gawat darurat secara mandiri, kolaborasi dan rujukan dengan pendekatan manajemen kebidanan di komunitas.

3)    Mengelola asuhan kebidanan pada ibu nifas normal, bermasalah dan gawat darurat secara mandiri, kolaborasi dan rujukan dengan pendekatan manajemen kebidanan di komunitas

4)    Mengelola asuhan kebidanan pada bayi baru lahir/bayi/balita normal, bermasalah dan gawat darurat secara mandiri, kolaborasi dan rujukan dengan pendekatan manajemen kebidanan di komunitas.

5)    Mengelola asuhan kebidanan pada wanita usia reproduksi gawat darurat secara mandiri, kolaborasi dan rujukan dengan pendekatan manajemen kebidanan di komunitas.

7. Mengaplikasikan Sistem Informasi Geografis (SIG) dalam pelaporan data dan informasi terkait pelayanan PWS KIA & KB di wilayah administratif lokasi Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang terdiri atas:

1)    Pemetaan/pemodelan Sistem Informasi Geografis (SIG) terhadap wilayah administratif lokasi Praktek Kerja Lapangan (PKL).

2)    Pemetaan/pemodelan Sistem Informasi Geografis (SIG) terhadap jumlah atau distribusi ibu hamil normal atau bermasalah di wilayah PKL.

3)    Pemetaan/pemodelan Sistem Informasi Geografis (SIG) terhadap jumlah atau distribusi ibu bersalin normal atau bermasalah di wilayah PKL.

4)    Pemetaan/pemodelan Sistem Informasi Geografis (SIG) terhadap jumlah atau distribusi ibu nifas normal atau bermasalah di wilayah PKL.

5)    Pemetaan/pemodelan Sistem Informasi Geografis (SIG) terhadap jumlah atau distribusi bayi dan balita normal atau bermasalah di wilayah PKL.

6)    Pemetaan/pemodelan Sistem Informasi Geografis (SIG) terhadap jumlah atau distribusi WUS/PUS dan akseptor KB normal atau bermasalah di wilayah PKL.

8. Melakukan analisis terhadap Sistem Informasi Kesehatan yang ada di lahan Praktek Kerja Lapangan/PKL.

C.   TARGET PEMBELAJARAN

Target pembelajaran Praktek Kerja Lapangan adalah:

No

Ketrampilan/ Kompetensi

Target

Minimal

Ket.

1 Melaksanakan praktek kerja lapangan yang meliputi:

  1. SMD
  2. Tabulasi
  3. MMD
  4. Implementasi
  5. Evaluasi

1

Kelompok

2 Mengelola asuhan kebidanan pada ibu hamil normal, bermasalah dan gawat darurat secara mandiri, kolaborasi dan rujukan dengan pendekatan managemen kebidanan di komunitas

2

Individu

3 Mengelola asuhan kebidanan pada ibu bersalin normal, bermasalah dan gawat darurat secara mandiri, kolaborasi dan rujukan dengan pendekatan managemen kebidanan di komunitas

2

Individu

4 Mengelola asuhan kebidanan pada ibu nifas normal, bermasalah dan gawat darurat secara mandiri, kolaborasi dan rujukan dengan pendekatan managemen kebidanan di komunitas

2

Individu

5 Mengelola asuhan kebidanan pada bayi baru lahir/bayi/balita  normal, bermasalah dan gawat darurat secara mandiri, kolaborasi dan rujukan dengan pendekatan managemen kebidanan di komunitas

2

Individu

6 Mengelola asuhan kebidanan pada kesehatan reproduksi dan KB (membina akseptor lama dan bermasalah serta perluasan, pelestarian akseptor KB) secara mandiri, kolaborasi dan rujukan dengan pendekatan managemen kebidanan di komunitas

2

Individu

7 Mengelola asuhan kebidanan pada wanita usia reproduksi, klimakterium, menopause  gawat darurat secara mandiri, kolaborasi dan rujukan dengan pendekatan managemen kebidanan di komunitas

2

Individu

8 Melakukan pemetaan/pemodelan Sistem Informasi Geografis (SIG) terhadap kondisi kesehatan masyarakat terkait dengan pelayanan PWS KIA & KB di wilayah administratif lokasi Praktek Kerja Lapangan (PKL).

1

Kelompok

9 Melakukan analisis terhadap salah satu Sistem Informasi Kesehatan (SIK) yang ada di lahan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

1

Kelompok

Pencapaian target masing-masing dilakukan dengan pengelolaan secara komprehensif.

D.   WAKTU PRAKTEK

Pelaksanaan praktek dimulai tanggal 13 Januari s.d. 14 Februari 2014, yang dilakukan setiap hari.

E.    TEMPAT PRAKTEK

Tempat praktek adalah di wilayah Puskesmas Bendosari kabupaten Sukoharjo dan wilayah Puskesmas Wedi kabupaten Klaten, dengan rician sebagai berikut:

  1. Kelas A (Komunitas Solo), di wilayah Puskesmas Bendosari kabupaten Sukoharjo, di desa Toriyo dan desa Sidoarjo.
  2. Kelas B (Komunitas Klaten), di wilayah Puskesmas Wedi kabupaten Klaten, di desa Kali Tengah.

F.    METODE BIMBINGAN

  1. Pre dan post conference
  2. Konsultasi secara individu
  3. Penugasan kelompok
  4. Monitoring pencapaian target kompetensi
  5. Evaluasi hasil laporan akhir

G.   STRATEGI PEMBELAJARAN

Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan pada dasarnya berlangsung selama 24 jam, namun proses pembelajaran dilaksanakan pada pukul  07-00 sampai 14.00, dilaksanakan di wilayah kerja Puskesmas yang telah ditentukan dan di wilayah desa sesuai pembagian tempat praktek yang telah ditentukan dari Institusi pendidikan.

H.   PROSES BIMBINGAN

1. Pelaksanaan praktek, masing-masing kelompok dibimbing  oleh pembimbing dari pendidikan dan lahan praktek.

a. Pembimbing dari Pendidikan

Pembimbing dari pendidikan setiap kelompok terdiri atas 10-15 orang yang datang ke lahan sesuai dengan kesepakatan dengan mahasiswa.

b. Pembimbing dari lahan Praktik

Pembimbing dari lahan secara langsung membimbing mahasiswa tentang pelaksanaan praktek. Pembimbing dari lahan adalah:

1)    Kepala Puskesmas beserta staf

2)    Kepala Kalurahan beserta staf masing-masing wilayah

3)    Instansi terkait.

2. Tugas, Wewenang dan Tanggung Jawab Pembimbing

1) Melaksanakan dan bertanggungjawab terhadap proses pembimbingan dan pengarahan mahasiswa praktek selama proses pelaksanaan praktek  sesuai dengan jadwal.

2) Melakukan evaluasi kompetensi terhadap mahasiswa.

I.      TUGAS MAHASISWA

Umum

  1. Mengikuti orientasi dan mengisi daftar presensi.
  2. Melakukan hubungan interpersonal yang baik dan mengutamakan peran serta masyarakat dalam semua kegiatan.
  3. Melakukan assesment untuk mendapatkan data dasar yang lengkap dan tepat.
  4. Membuat rencana dan strategi berdasarkan evidence based dengan jelas dan dapat diaplikasikan, setiap akan melakukan kegiatan sesui dengan kompetensi yang akan dicapai.
  5. Melaksanakan rencana dan strategi dengan persiapan yang matang, lengkap, dan jelas bersama masyarakat sasaran / terkait.
  6. Melaksanakan monitoring dan evaluasi kegiatan bersama masyarakat/sasaran terkait.
  7. Menyusun laporan kegiatan serta mengumpulkan laporan baik laporan  individu, dan laporan kelompok (laporan PKL dan laporan analisis SIK).

Khusus

  1. Setiap mahasiswa wajib mengambil keluarga binaan yang merupakan sasaran asuhan kebidanan komunitas  (hamil, bersalin, nifas, neonatus, bayi, balita, wanita usia subur baik fisiologi maupun patologi) dilakukan asuhan/manajemen kebidanan dalam konteks keluarga di komunitas (mulai dari pengkajian data sampai dengan evaluasi) dengan minimal mahasiswa melakukan home visit sebanyak 4 kali.
  2. Mengumpulkan laporan secara individu, dimana 1 laporan kasus dibuat panjang dengan sistematika seperti panduan pada sistematika penulisan laporan. Sedangkan untuk kasus yang lain dibuat hanya kasusnya saja (tinjauan kasus)/ laporan kasus pendek.
  3. Meningkatkan peran serta masyarakat

1)    Setiap kelompok desa menentukan sasaran kelompok  pemberdayaan  (keluarga / kelompok masyarakat)

2)    Menyusun rencana dan strategi pemberdayaan

3)    Melaksanakan rencana pengembangan dan pemberdayaan

4)    Melakukan monitoring dan evaluasi

5)    Menyusun laporan kelompok (laporan PKL).

4. Membuat dan mengumpulkan laporan kelompok hasil analisis terhadap Sistem Informasi Kesehatan yang ada di lahan PKL sesuai dengan sistematika laporan analisis SIK yang ditetapkan.

J.    TATA TERTIB PRAKTEK

  • Kehadiran
  1. Mahasiswa hadir tepat waktu di tempat praktek sesuai dengan jadwal.
  2. Mahasiswa harus menandatangani daftar hadir datang dan pulang yang disediakan.
  3. Apabila karena sesuatu hal mahasiswa tidak dapat hadir di lahan praktek, maka harus seijin penanggung jawab Praktek Kerja Lapangan dan pembimbing lahan, dan diwajibkan mengganti hari praktek yang ditinggalkan:
  4. Apabila tanpa keterangan diwajibkan mengganti 2 kali hari yang ditinggalkan.
  5. Apabila dengan keterangan yang bisa dipertanggungjawabkan, maka diwajibkan mengganti hari sesuai hari yang ditinggalkan.
  • Setiap mahasiswa harus dapat menjaga nama baik intitusi dan etika serta etiket sebagi mahasiswa yang dapat menjadi teladan masyarakat.
  • Seragam, sesuai dengan ketentuan dari pihak pendidikan dan lapangan. Serta harus dapat menunjukan performence dan citra bidan professional.
  • Dapat menjalin hubungan interpersonal baik dengan semua pihak dan masyarakat.
  • Bekerja bersama masyarakat dan selalu mengupayakan peran serta masyarakat yang seluas- luasnya.

K.   PENILAIAN

Penilaian meliputi :

  1. Sikap.
  2. Penampilan klinik asuhan kebidanan pada keluarga dan kelompok khusus oleh dosen pembimbing.
  3. Laporan (laporan individu, laporan kelompok PKL dan laporan kelompok analisis SIK).

L.     KALENDER KEGIATAN

Kegiatan

Januari

Februari

Minggu

Minggu

1

2

3

4

1

2

Pembekalan

 v

Penyerahan

 v

SMD

 v

Tabulasi dan Analisa data

 v

MMD

 v

Pelaksanaan

 v

 v

 v

Evaluasi

 v

Seminar

 v

LAMPIRAN-BUKU PANDUAN PKK 2


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

@ditya Setyawan

Think Glob@lly, @ct Glob@lly 4 t' Future

papiyonklaten

Cari Pintar WordPress.com weblog

Prodi D-III Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surakarta

Unggul, Kompetitif dan Bersaing di pasar Global dengan Unggulan Terapi Komplementer

Oshigita's Page

"My Personal WebBlog"

%d blogger menyukai ini: