Program Studi D-IV Kebidanan Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surakarta

Beranda » Pengumuman » Praktikum Klinik Semester II Prodi D-IV Kebidanan Poltekkes Solo

Praktikum Klinik Semester II Prodi D-IV Kebidanan Poltekkes Solo

Arsip

Oleh: Bagian Praktek Prodi D-IV Kebidanan

Praktikum Klinik Semester II ini merupakan salah satu metode pembelajaran pada situasi nyata, dengan harapan mampu memberikan kesempatan pada mahasiswa untuk dapat mencapai kompetensi yang berkaitan dengan mata kuliah Keterampilan Dasar Kebidanan (KDK) dan Asuhan Kebidanan Kehamilan. Pada praktikum klinik semester II ini, mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk dapat mempraktekkan konsep pengetahuan yang didapatkan pada mata kuliah Anatomi-Fisiologi, Biologi Reproduksi, Konsep Kebidanan, Komunikasi, Etikolegal dalam Praktek Kebidanan, dan Ilmu Sosial Budaya Dasar.

Pembelajaran mata kuliah yang dilakukan di lahan praktek ini menggunakan prinsip ”student driven” dengan pendekatan Problem Based Learning (PBL). Reflective practice digunakan untuk meningkatkan profesionalisme individu. Model pembimbingan yang digunakan preceptorship-mentorship. Dengan metode ini, diharapkan mahasiswa dapat mengintegrasikan seluruh pengetahuan, sikap dan keterampilan yang telah didapat pada perkuliahan teori maupun praktek laboratorium dan klinik, sehingga kompetensi yang diharapkan dapat tercapai.

Tujuan pembelajaran pada Praktikum Klinik Semester II secara umum adalah untuk mencapai kompetensi dari mata kuliah KDK dan Asuhan Kebidanan Kehamilan. Sedangkan tujuan secara khusus adalah:
1. Mata kuliah KDK (Keterampilan Dasar Kebidanan)
a. Memenuhi kebutuhan dasar manusia
b. Melakukan pencegahan infeksi
c. Melakukan pemeriksaan fisik
d. Melaksanakan persiapan pemeriksaan diagnostik
e. Melaksanakan penerapan prosedur pemenuhan kebutuhan dasar manusia
f. Melaksanakan perawatan luka
g. Melaksanakan tindakan pemberian obat
h. Melaksanakan tindakan pemberian cairan tubuh
i. Melaksanakan tindakan pengambilan specimen dan persiapan pemeriksaan diagnostik
j. Melaksanakan tindakan resusitasi
k. Melakukan perawatan bedah kebidanan
l. Melaksanakan asuhan pada pasien menghadapi kematian dan perawatan jenazah.
2. Mata kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan
Mampu memberikan asuhan kebidanan pada ibu hamil normal dengan pendekatan manajemen kebidanan.
a. Mengidentifikasi proses adaptasi fisiologis dan psikologis dalam masa kehamilan trimester 1, 2 dan 3
b. Mengidentifikasi kebutuhan dasar ibu hamil sesuai dengan tahap perkembangannya
c. Melakukan asuhan kebidanan pada kunjungan awal atau ulang
d. Melaksanakan deteksi dini terhadap komplikasi ibu dan janin
e. Melakukan pendokumentasian asuhan kebidanan.

Peserta praktek klinik adalah seluruh mahasiswa semester II Prodi D-IV Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surakarta, kelas A dan B sejumlah 77 Mahasiswa.

Praktik dilaksanakan selama 6 minggu, pada tanggal 1 Juni s.d. 11 Juli 2015. Praktek dibagi menjadi dua rotasi. Masing-masing rotasi diselesaikan dalam waktu 3 minggu, untuk melaksanakan praktek KDK ataupun praktek Asuhan Kebidanan Kehamilan. Rotasi pertama pada tanggal 1 Juni s.d. 20 Juni 2015, dan rotasi kedua pada tanggal 22 Juni s.d. 11 Juli 2015.

Praktikum klinik semester II ini dilaksanakan di Rumah Sakit di wilayah Solo raya dan Puskesmas di wilayah Klaten. Lahan praktek yang digunakan meliputi:

Praktek terdiri atas dua rotasi, masing-masing rotasi dilakukan selama tiga minggu. Setiap kelompok akan melakukan praktek pada rotasi pertama sesuai dengan pembagian tempat praktek. Tempat praktek di Rumah Sakit ditujukan untuk memenuhi kompetensi mata kuliah Keterampilan Dasar Kebidanan (KDK). Sedangkan tempat praktek di Puskesmas ditujukan untuk memenuhi kompetensi mata kuliah Asuhan Kebidanan Kehamilan. Apabila target kompetensi pada rotasi 1 belum tercapai, dapat diselesaikan pada rotasi 2.

Penjelasan lebih rinci mengenai Praktikum Klinik Smt.2 Prodi D-IV Kebidanan, terdapat pada buku panduan yang akan dibagikan sebelum praktek dilaksanakan.

Sebelum praktek dimulai, mahasiswa diharapkan mempersiapkan diri, terutama terkait administrasi praktek. Terdapat pada lampiran berikut:

Praktikum Klinik Smt.2-2015-Blog D4

Daftar Target KDK-Askeb Hamil

Lampiran isi – Revisi 1


Tinggalkan komentar

@ditya Setyawan

Think Glob@lly, @ct Glob@lly 4 t' Future

papiyon

paryonocaripintar.com

Prodi D-III Kebidanan Poltekkes Kemenkes Surakarta

Unggul, Kompetitif dan Bersaing di pasar Global dengan Unggulan Terapi Komplementer

Oshigita's Page

"My Personal WebBlog"